Skip to main content

Berbuka Puasa Dengan Makanan Yang Sehat

Saat menjalani puasa tubuh menjadi lemas dan kekurangan cairan  karena kita menahan diri dari makan dan minum. Akan tetapi ketika berbuka puasa banyak orang yang tidak bisa menahan diri untuk mengkonsumsi makanan dan minuman secara berlebihan. Akibatnya banyak orang yang justru lemas setelah berbuka puasa. Padahal dikatakan bahwa  berpuasa itu bisa membuat kita sehat. 

Sumber pixels 

Berpuasa itu harus mengontrol diri dengan menahan diri dari makan dan minum. Pada siang hari mengontrol diri untuk tidak makan dan minum. Pada malam hari mengontrol diri untuk tidak makan secara berlebihan. 

Trik Sehat Ketika Berbuka

Makanan sehat adalah makanan yang sifatnya fungsional. Fungsional artinya menyehatkan setelah mengkonsumsi. Kami juga telah menjelaskan pada tulisan sebelumnya. Dikatakan sehat apabila memiliki nilai gizi, memberikan efek positif pada tubuh setelah dikonsumsi dan memiliki penampakan yang baik. 

Apabila kita berbuka puasa maka makanan yang dikonsumsi harus sehat dan seimbang serta jangan berlebih. Sebab ketika berlebih bisa membuat tubuh justru menjadi lemas. Mengawali buka puasa dengan konsumsi sedikit garam dan kurma beberapa biji (ganjil). Anda juga bisa mengkonsumsi jus buah tanpa gula untuk mengembalikan kadar gula tubuh ketingkat stabil. 

Saat berbuka puasa batasi makan makanan yang terlalu manis, berlemak apalagi gorengan. Mengkonsumsi berlebih bisa menaikkan kadar gula darah, kolestrol dan asam urat. Bisa juga membuat tubuh menjadi lemah, lesuh dan loyo. 

Air mineral harus diminum dalam jumlah yang cukup untuk mengurangi dehidrasi. Apalagi saat berpuasa kondisi  tubuh sangat kekurangan cairan. Minum air sekitar 8 gelas sampai sahur. 

Sumber makanan yang tersedia saat buka begitu melimpah. Keinginan kita untuk mengkonsumsinya begitu besar. Disini kita perlu mengontrol diri kita. Apalagi umur sudah berumur lebih 40 tahun. Tubuh di atas 40 tahun terkadang sudah tidak mampu lagi  merespon semua makanan yang kita makan. 

Sisakan ruang dalam lambung kita yaitu 1/3 untuk makanan, 1/3 untuk minum dan sisanya diberi rongga untuk bernapas. Terlalu kenyang membuat kita mengantuk dan malas. Akibatnya berat untuk sholat tarawih, malas tadharrusan dan bahkan mengarah kesemua ibadah kita. 

Jangan lupa tetap mengkonsumsi buah dan sayur. Buah dan sayur merupakan sumber serat dan vitamin. Keduanya sangat  bermanfaat untuk usus dan kesehatan tubuh lainnya. Sayuran sebagai sumber vitamin, mineral, dan lainnya. Sayuran juga mengandung anti oksidan untuk menjaga stamina tubuh. 

Pastikan mengkonsumsi makanan dan minuman tersebut dalam kondisi duduk. Makan apabila lapar dan berhenti sebelum terlalu kunyang.    Agar makanan dan minuman itu menjadi berkah dalam tubuh. 

Comments

Popular posts from this blog

Manfaat Pohon Tammate atau Pohon Jawa

Pohon tammate (Makassar), Pohon Kalimbajo (Bugis), atau yang umum disebut pohon Jawa nama latin  Lannea Coromandelica. Tammate artinya pohon yang susah mati. Walaupun diletakkan ditanah dalam dalam posisi dibaringkan, ditancapkan terbalik. Pohon tetap mengeluarkan daun. Pada musim kemarau pohon ini biasanya juga mengugurkan daunnya.  Baca Juga : Manfaat dan Kandungan daun tammate untuk kesehatan manusia Pohon ini banyak dimanfaatkan sebagai pohon pelindung atau pagar. Keuntungan saat dibuat pagar hidup karena biar musim kering masih bisa tumbuh. Apatalagi kalau musim hujan. Atau pohon ini juga biasa dipakai sebagai pohon peneduh. Pohon memiliki kulit yang tebal dan tahan terhadap kekeringan. Pohon memiliki banyak manfaat terutama untuk menyembuhkan luka, mengobati sakit mag dan lain-lain. Saya teringat waktu kecil dahulu,  saya biasanya kehutan untuk mencari burung dengan cara memasang jerat. Ketika saya memanjat dipagar teman saya terjatuh dan keteak tersangkut dikayu dan berda

Kandungan Kimia Kayu Jawa atau Kayu Tammate

Secara empiris kulit kayu jawa atau kayu tammate sudah terbukti bisa mengobati berbagai macam penyakit.  Penyakit yang  bisa ditangani dengan menggunakan  kayu jawa tersebut diantaranya luka, muntah, mencret, penyakit mata, sakit mag dan lain-lain sebagainya. Baca juga : Manfaat daun kayu tammate atau daun jawa Hampir setiap daerah yang ada di Indonesia telah mengakui bahwa kayu tammate ini memiliki kemanjuran dalam mengobati luka. Tentu saja hal ini menarik para ilmuan untuk mencari kenapa bisa seperti itu. Dari situlah para ahli menyimpulkan kandungan yang terdapat pada kayu tammate ini. Diantaranya : Saponin, tanin, plavonoid, glikosida dan fenol. Kelima bahan tersebut berperanan dalam menangani berbagai macam penyakit. Saponin  Saponin merupakan senyawa kimia yang terdapat pada sebagian besar tumbuhan. Merupakan glikosida ampifatik yang apabila dikocok akan mengeluarkan busa. Dimana busa yang dihasilkan tidak muda hilang.  Saponin dalam kulit kayu jawa berperanan sebagai anti bakte

Keladi Tikus Bisa Menghambat Sel Kanker

Kita mengenal bahwa keladi tikus merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dari beberapa riset yang pernah dilakukan oleh para ahli disimpulkan bahwa keladi tikus rupanya bisa menghambat sel-sel kanker sehingga proses perkembangannya tidak berjalan cepat.              Sumber gb. www.google.com Selain itu Keladi tikus merupakan anti mikroba, anti oksidan dan juga anti kanker. Menghambat bakteri patogen yang berbahaya bagi kesehatan. Kekuatiran pengobatan dengan menggunakan obat kimia bisa merusak jaringan tubuh yang lain. Walaupun obat kimia efektif untuk membunuh sel kanker. Makanya supaya efek yang dikhuatirkan tidak membahayakan jiwa maka memberikan alternatif pendamping obat kimia sangatlah dibutuhkan. Keladi tikus adalah salah satu alternatif untuk pengobatan kanker. Baca juga: Air pare dapat juga menghambat  dan membunuh sel kanker  Baca juga: Kangker bisa diobati dengan daun kelor Baca juga: Manfaat terong belanda untuk keseha