Skip to main content

Menjadi Sehat Dengan Berpikir Positif

Berpikir positif adalah cerminan orang sehat mentalnya. Bukankah Allah memberikan kepada kita sesuai persangkaan hambanya? Kalau berprasangka baik maka Allah akan memberi kebaikan. Begitupula sebaliknya bila berperasangka buruk maka keburukan juga akan kita dapat.
Kebaikan-kebaikan seperti:  kaya beriman, memiliki rumah mewah, mobil mewah dan berbagai bentuk kekayaan lainnya itu adalalah manivestasi orang yang berprasangka baik kepada Allah. Sementara kemiskinan dan pikiran negatif lainnya adalah hasil dari prasangka negatif. Allah tidak akan merubah nasib kita kalau bukan kita sendiri yang merubahnya. Juga dikatakan oleh sastrawan atau penyair "manjadda wajadah" siapa yang bersingguh-sungguh maka dia akan mendapatkannya.
Baca juga :
Di dunia yang fana ini banyak orang stress karena dirinya selalu berpikir negatif. Pessimis tentang kehidupannya misal keluarga berantakan, miskin, tidak punya rumah, istri atau suami tidak taat, kendaraan ala kadarnya, makan apa adanya dll. Itu semua yang membuatnya menjadi lebih stress. Padahal itu semua ditentukan diri sendiri. Semua itu akan berubah kalau kita dari awal  berpikir positif untuk merubahnya.

Keluarga berantakan kita harus optimis dengan merubah dengan dimulai dari diri sendiri. Istri tidak taat misalnya tentu karena ada sebab. Tentu saja harus cari tahu sebabnya. Disini diperlukan saling keterbukaan antara suami istri dengan bertanya kepadanya. Atau kita bisa introkpeksi diri terhadap apa perlakuan kita terhadap istri dan anak2 kita. Pernahkah kita menjadikan dia ratu atau memberi kepadanya ketenangan? Apakah kebutuhan ekonomi sudah terpenuhi? Apakah kita sudah memberi kepuasan biologis? Apakah sudah punya rumah? Apakah sudah punyah kendaraan? Dan tentu saja masih banyak pertanyaan yang perlu kita selesaikan. Kalau semua itu bisa kita atasi maka saya rasa istri akan lapang dada.

Yang paling penting dari kita adalah dekat kepada Allah untuk menyelesaikan masalah keluarga. Menjadi contoh dalam keluarga. Menyayangi anak-anak kita  dan mencintai istri dengan tulus. Idah kita seperti sholat berjamaah jangan ditinggalkan. Tadarrus tiap hari. Kalau perlu puasa senin kamis. Shalat sunnat yang lain kita galakkan seperti dhuha, tahajjud, kabliyah dan baddiyah dll. Ini semua akan mendatangkan keberkahan hidup. Dan janga lupa pernaiki hubungan dengan tetangga, tamu, serta berbakti kepada kedua orang tua.

Comments

Popular posts from this blog

Manfaat Pohon Tammate atau Pohon Jawa

Pohon tammate (Makassar), Pohon Kalimbajo (Bugis), atau yang umum disebut pohon Jawa nama latin  Lannea Coromandelica. Tammate artinya pohon yang susah mati. Walaupun diletakkan ditanah dalam dalam posisi dibaringkan, ditancapkan terbalik. Pohon tetap mengeluarkan daun. Pada musim kemarau pohon ini biasanya juga mengugurkan daunnya.  Baca Juga : Manfaat dan Kandungan daun tammate untuk kesehatan manusia Pohon ini banyak dimanfaatkan sebagai pohon pelindung atau pagar. Keuntungan saat dibuat pagar hidup karena biar musim kering masih bisa tumbuh. Apatalagi kalau musim hujan. Atau pohon ini juga biasa dipakai sebagai pohon peneduh. Pohon memiliki kulit yang tebal dan tahan terhadap kekeringan. Pohon memiliki banyak manfaat terutama untuk menyembuhkan luka, mengobati sakit mag dan lain-lain. Saya teringat waktu kecil dahulu,  saya biasanya kehutan untuk mencari burung dengan cara memasang jerat. Ketika saya memanjat dipagar teman saya terjatuh dan keteak tersangkut dikayu dan berda

Kandungan Kimia Kayu Jawa atau Kayu Tammate

Secara empiris kulit kayu jawa atau kayu tammate sudah terbukti bisa mengobati berbagai macam penyakit.  Penyakit yang  bisa ditangani dengan menggunakan  kayu jawa tersebut diantaranya luka, muntah, mencret, penyakit mata, sakit mag dan lain-lain sebagainya. Baca juga : Manfaat daun kayu tammate atau daun jawa Hampir setiap daerah yang ada di Indonesia telah mengakui bahwa kayu tammate ini memiliki kemanjuran dalam mengobati luka. Tentu saja hal ini menarik para ilmuan untuk mencari kenapa bisa seperti itu. Dari situlah para ahli menyimpulkan kandungan yang terdapat pada kayu tammate ini. Diantaranya : Saponin, tanin, plavonoid, glikosida dan fenol. Kelima bahan tersebut berperanan dalam menangani berbagai macam penyakit. Saponin  Saponin merupakan senyawa kimia yang terdapat pada sebagian besar tumbuhan. Merupakan glikosida ampifatik yang apabila dikocok akan mengeluarkan busa. Dimana busa yang dihasilkan tidak muda hilang.  Saponin dalam kulit kayu jawa berperanan sebagai anti bakte

Keladi Tikus Bisa Menghambat Sel Kanker

Kita mengenal bahwa keladi tikus merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dari beberapa riset yang pernah dilakukan oleh para ahli disimpulkan bahwa keladi tikus rupanya bisa menghambat sel-sel kanker sehingga proses perkembangannya tidak berjalan cepat.              Sumber gb. www.google.com Selain itu Keladi tikus merupakan anti mikroba, anti oksidan dan juga anti kanker. Menghambat bakteri patogen yang berbahaya bagi kesehatan. Kekuatiran pengobatan dengan menggunakan obat kimia bisa merusak jaringan tubuh yang lain. Walaupun obat kimia efektif untuk membunuh sel kanker. Makanya supaya efek yang dikhuatirkan tidak membahayakan jiwa maka memberikan alternatif pendamping obat kimia sangatlah dibutuhkan. Keladi tikus adalah salah satu alternatif untuk pengobatan kanker. Baca juga: Air pare dapat juga menghambat  dan membunuh sel kanker  Baca juga: Kangker bisa diobati dengan daun kelor Baca juga: Manfaat terong belanda untuk keseha