Skip to main content

Cara Menjaga Kondisi Tetap Optimal

Tubuh yang sehat harus kita jaga, supaya tidak muda kena penyakit. Kesehatan di jaga dengan dua cara  secara fisik dan non fisik. Penyakit fisik adalah penyakit yang disebabkan  oleh kelebihan materi dalam tubuh sehingga mengganggu fungsi normal tubuh dalam sehari-hari. 

Penyebab makanan bisa merusak: mengkonsumsi makanan lain sebelum makanan dalam tubuh tercerna dengan sempurnan. Mengkonsumsi makanan tidak berguna, mengkonsumsi makansn yang sulit dicerna atau banyak mengkonsumsi berbagai jenis makanan.

  1.   Lakukan Olah Raga Setiap Hari

Supaya kondisi kita tetap bugar maka kita harus melakukan aktivitas gerak setiap hari. Tujuannya supaya tidak terjadi tumpukan kalori karena tidak terjadi bakaran.

Kebiasaan makan yang berlebihan dialami sebagian besar masyarakat kita. Bahkan boleh dikata setiap menemukan makanan pasti dikonsumsi. Bahkan ada yang makan berlebih.

Sering kali kita melihat orang yang gemuk karena kelebihan makanan. Maka seyokyanya kita memilih-milih makanan supaya tubuh tetap kondisi yang vit.

Jalan-jalan pagi itu monimal 15 sd 1 jam atau bisa lebih lama lagi. Biarkan keringat keluar biar terjadi pembakaran lemak tubuh. Supaya penyakit bisa keluar melalui keringat. Disamping jalan-jalan, bisa juga kita lakukan cuci piring pagi, siram bunga, menyapu halaman dll. Yang penting aktivitas gerak. Olah raga ringan juga tidak kala pentingnya.

Hilangkan kebiasaan tidur-tidur pagi. Karena tidur pagi membuat rezeki terhambat dan juga membuat kita jadi pemalas.

2. Jangan Terlalu Mengkonsumsi Yang Manis

Terlalu banyak makan makanan yang mengandung gula bisa menyebabkan penyakit gula. Hampir setiap hari kita menemui makanan yang manis. Ada kadar glukosa yang tinggi. Seperti teh, kopi, kue-kue dll. Semuanya itu pasti kita dapatkan dalam setiap harinya.
Olehnya itu mulai sekarang kita harus mengendalikan nafsu makan dan minum yang manis. Karena makanan manis inilah cikal bakal pemicu berbagai penyakit. Terutama penyakit gula. Dimana penyakit gula ini biasanya selalu komplikasi dengan penyakit lainnya.

3. Kalau Makan berhentilah Sebelum Kenyang.

Salah satu kunci sehat dalam kehidupan sehari-hari adalah makan apabila lapar dan berhenti sebelum kenyang. Makan berlebihan bisa menyebabkan terganggunya sistem pencernaan. Rasul kita mengajarkan makan dan minum lambung diisi  1/3 untuk makanan dan sepertiga juga untuk  untuk bernapas.

Kalau kita tidak berupaya untuk mengendalikan diri maka membuat diri kita akan kekenyangan setiap hari. Karena dimana-mana kita pergi selalu disuguhkan sesuatu oleh teman, keluarga dll. Terkadang kita tidak bisa menolak.

Baca juga:

Makanlah makanan yang kita butuhkan dan jangan makan yang tidak dibutuhkan. Makanan yang tidak dibutuhkan seperti gula-gula, Cemilan cemilan dan lain lain.

Nabi :

" Tidak ada bencana yang lebih buruk yg diisi oleh manusia daripada perutnya sendiri. Cukuplah seseorang itu mmenngkonsumsi beberapa suap makanan yang dapat menegakkan tulang punggungnya. Kalau terpaksa, maka ia bosa mengisi sepertiga perutnya dengan makanan, sepertiga untuk minum dan sepertiga sisanya untuk napas (HR. At Tarmidzi, Ibnu Majah dan Al Hakim).

Sekian dan terima kasih.

Comments

  1. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Manfaat Pohon Tammate atau Pohon Jawa

Pohon tammate (Makassar), Pohon Kalimbajo (Bugis), atau yang umum disebut pohon Jawa nama latin  Lannea Coromandelica. Tammate artinya pohon yang susah mati. Walaupun diletakkan ditanah dalam dalam posisi dibaringkan, ditancapkan terbalik. Pohon tetap mengeluarkan daun. Pada musim kemarau pohon ini biasanya juga mengugurkan daunnya.  Baca Juga : Manfaat dan Kandungan daun tammate untuk kesehatan manusia Pohon ini banyak dimanfaatkan sebagai pohon pelindung atau pagar. Keuntungan saat dibuat pagar hidup karena biar musim kering masih bisa tumbuh. Apatalagi kalau musim hujan. Atau pohon ini juga biasa dipakai sebagai pohon peneduh. Pohon memiliki kulit yang tebal dan tahan terhadap kekeringan. Pohon memiliki banyak manfaat terutama untuk menyembuhkan luka, mengobati sakit mag dan lain-lain. Saya teringat waktu kecil dahulu,  saya biasanya kehutan untuk mencari burung dengan cara memasang jerat. Ketika saya memanjat dipagar teman saya terjatuh dan keteak tersangkut dikayu dan berda

Kandungan Kimia Kayu Jawa atau Kayu Tammate

Secara empiris kulit kayu jawa atau kayu tammate sudah terbukti bisa mengobati berbagai macam penyakit.  Penyakit yang  bisa ditangani dengan menggunakan  kayu jawa tersebut diantaranya luka, muntah, mencret, penyakit mata, sakit mag dan lain-lain sebagainya. Baca juga : Manfaat daun kayu tammate atau daun jawa Hampir setiap daerah yang ada di Indonesia telah mengakui bahwa kayu tammate ini memiliki kemanjuran dalam mengobati luka. Tentu saja hal ini menarik para ilmuan untuk mencari kenapa bisa seperti itu. Dari situlah para ahli menyimpulkan kandungan yang terdapat pada kayu tammate ini. Diantaranya : Saponin, tanin, plavonoid, glikosida dan fenol. Kelima bahan tersebut berperanan dalam menangani berbagai macam penyakit. Saponin  Saponin merupakan senyawa kimia yang terdapat pada sebagian besar tumbuhan. Merupakan glikosida ampifatik yang apabila dikocok akan mengeluarkan busa. Dimana busa yang dihasilkan tidak muda hilang.  Saponin dalam kulit kayu jawa berperanan sebagai anti bakte

Keladi Tikus Bisa Menghambat Sel Kanker

Kita mengenal bahwa keladi tikus merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dari beberapa riset yang pernah dilakukan oleh para ahli disimpulkan bahwa keladi tikus rupanya bisa menghambat sel-sel kanker sehingga proses perkembangannya tidak berjalan cepat.              Sumber gb. www.google.com Selain itu Keladi tikus merupakan anti mikroba, anti oksidan dan juga anti kanker. Menghambat bakteri patogen yang berbahaya bagi kesehatan. Kekuatiran pengobatan dengan menggunakan obat kimia bisa merusak jaringan tubuh yang lain. Walaupun obat kimia efektif untuk membunuh sel kanker. Makanya supaya efek yang dikhuatirkan tidak membahayakan jiwa maka memberikan alternatif pendamping obat kimia sangatlah dibutuhkan. Keladi tikus adalah salah satu alternatif untuk pengobatan kanker. Baca juga: Air pare dapat juga menghambat  dan membunuh sel kanker  Baca juga: Kangker bisa diobati dengan daun kelor Baca juga: Manfaat terong belanda untuk keseha