Skip to main content

Manfaat Tape Ketan Bagi Kesehatan

Tape ketan memiliki manfaat untuk kesehatan usus dan memiliki nilai gizi. Tape ketan biasa disajikan dalam bentuk es tape ketan. Cara membuatnya juga sangat sederhana

Orang Bugis dan Makassar seringkali membuat tape ketan pada dua hari raya. Tape ketan biasanya dibuat dari tape ketan hitam dan tape ketan putih. Ketika keluarga bersilaturahmi tape termasuk makanan paporit yang tidak lupa disajikan. Cara membuat tape ketan hanya membutuhkan 2 atau 3 hari. Dan setelah lebih dari itu kalau tidak disimpan dalam kulkas biasanya cepat kecut.

Disamping sebagai makanan langsung tape juga bisa dijadikan sebagai makanan olahan. Tapai bisa dicampur dengan makanan lain misalnya dicampurkan pada es buah atau cendol. Saat membuat cendol biasa juga dicampur tape yang biasa kita kenal es tape ketan Atau biasa juga dimakan bersama dengan gogos. Untuk ubi ketan biasa juga diolah menjadi tape goreng. Didaerah Makassar biasa dicampur Es ditambah sirup DHT dikenal dengan nama Es Poteng. 

Selai poteng Makassar kita juga mengenal poteng Lombok dan poteng Sumbawa. Kedua poteng itu memiliki kemiripan dalam pembuatannya. Hanya saja cara pembuatan yang berbeda. Tetapi sama melalui proses fermentasi. 

Tape beras ketan rasanya manis yang berasal dari hasil fermentasi dari ragi khusus. Umumnya mikrorganisme yang terlibat dalam vermentasi tersubut adalah dari berbagai jenis kapang dan jamur. Disamping rasanya manis dan menyegarkan tape beras ketan ternyata juga memiliki kandungan gizi yang cukup beragam. 
Diantara kandungan gizi yang terdapat didalamnya (beras ketan) adalah Energi, protein, karbohidrat, serat, asam folat, niacin, vitamin E, sodium, pottasium, kalsiun, besi, mangan, selenium, zinc, magnesium, dan tembaga. 

Kandungan gizi yang banyak itu tentu saja juga memiliki berbagai macam manfaat. Berikut ini manfaat tape ketan atau manfaat poteng bagi tubuh:
  1. Menjadi pemasok energi bagi tubuh agar tidak mudah lelah dan tetap bugar. 
  2. Menjaga kondisi tubuh dari radikal bebas 
  3. Menetralkan tubuh dari berbagai macam racun yang dikonsumsi selama ini baik yang berasal dari makanan, obat-obatan dll.
  4. Metabolisme tubuh menjadi lancar
  5. Memperbaiki fungsi jantung
  6. Mencegah dan menghambat sel kanker
  7. Menurunkan kadar gula darah
  8. Dan masih banyak lagi fungsi lainnya.
Karena tape  ketan hitam merupakan hasil fermentasi tentu saja memiliki kandungan alkohol yang sifatnya panas. Maka tape tidak dianjurkan pada anak-anak kecil yang berumur dibawah 6 tahun. Mengkonsumsi tape bagi anak yang berumur 6 tahun kebawah bisa merusak sistem pencernaan terutama usus dan lambung. 

Artikel lainnya : 

Comments

Popular posts from this blog

Manfaat Pohon Tammate atau Pohon Jawa

Pohon tammate (Makassar), Pohon Kalimbajo (Bugis), atau yang umum disebut pohon Jawa nama latin  Lannea Coromandelica. Tammate artinya pohon yang susah mati. Walaupun diletakkan ditanah dalam dalam posisi dibaringkan, ditancapkan terbalik. Pohon tetap mengeluarkan daun. Pada musim kemarau pohon ini biasanya juga mengugurkan daunnya.  Baca Juga : Manfaat dan Kandungan daun tammate untuk kesehatan manusia Pohon ini banyak dimanfaatkan sebagai pohon pelindung atau pagar. Keuntungan saat dibuat pagar hidup karena biar musim kering masih bisa tumbuh. Apatalagi kalau musim hujan. Atau pohon ini juga biasa dipakai sebagai pohon peneduh. Pohon memiliki kulit yang tebal dan tahan terhadap kekeringan. Pohon memiliki banyak manfaat terutama untuk menyembuhkan luka, mengobati sakit mag dan lain-lain. Saya teringat waktu kecil dahulu,  saya biasanya kehutan untuk mencari burung dengan cara memasang jerat. Ketika saya memanjat dipagar teman saya terjatuh dan keteak tersangkut dikayu dan berda

Kandungan Kimia Kayu Jawa atau Kayu Tammate

Secara empiris kulit kayu jawa atau kayu tammate sudah terbukti bisa mengobati berbagai macam penyakit.  Penyakit yang  bisa ditangani dengan menggunakan  kayu jawa tersebut diantaranya luka, muntah, mencret, penyakit mata, sakit mag dan lain-lain sebagainya. Baca juga : Manfaat daun kayu tammate atau daun jawa Hampir setiap daerah yang ada di Indonesia telah mengakui bahwa kayu tammate ini memiliki kemanjuran dalam mengobati luka. Tentu saja hal ini menarik para ilmuan untuk mencari kenapa bisa seperti itu. Dari situlah para ahli menyimpulkan kandungan yang terdapat pada kayu tammate ini. Diantaranya : Saponin, tanin, plavonoid, glikosida dan fenol. Kelima bahan tersebut berperanan dalam menangani berbagai macam penyakit. Saponin  Saponin merupakan senyawa kimia yang terdapat pada sebagian besar tumbuhan. Merupakan glikosida ampifatik yang apabila dikocok akan mengeluarkan busa. Dimana busa yang dihasilkan tidak muda hilang.  Saponin dalam kulit kayu jawa berperanan sebagai anti bakte

Keladi Tikus Bisa Menghambat Sel Kanker

Kita mengenal bahwa keladi tikus merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dari beberapa riset yang pernah dilakukan oleh para ahli disimpulkan bahwa keladi tikus rupanya bisa menghambat sel-sel kanker sehingga proses perkembangannya tidak berjalan cepat.              Sumber gb. www.google.com Selain itu Keladi tikus merupakan anti mikroba, anti oksidan dan juga anti kanker. Menghambat bakteri patogen yang berbahaya bagi kesehatan. Kekuatiran pengobatan dengan menggunakan obat kimia bisa merusak jaringan tubuh yang lain. Walaupun obat kimia efektif untuk membunuh sel kanker. Makanya supaya efek yang dikhuatirkan tidak membahayakan jiwa maka memberikan alternatif pendamping obat kimia sangatlah dibutuhkan. Keladi tikus adalah salah satu alternatif untuk pengobatan kanker. Baca juga: Air pare dapat juga menghambat  dan membunuh sel kanker  Baca juga: Kangker bisa diobati dengan daun kelor Baca juga: Manfaat terong belanda untuk keseha