Skip to main content

Makanan Yang Bisa Memicu Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi bisa menyebabkan orang terserang strook dan penyakit berbahaya lainnya. Orang yang terserang tekanan darah biasanya dimulai dengan pusing seperti berputar-putar penglihatan. Tidak jauh beda ketika tekanan darah rendah. Ketika bangkit dar jongkok penglihatan jadi gelap. Dan tidak jarang ketika berkendaraan tetapi tekanan darah naik bisa menyebabkan terjatuh. Dan beberapa juga terjatuh ketika berada dalam kamar mandi.
Baca juga :
Supaya kita terhindar dari akibat fatal ketika terserang tekanan darah tinggi, alangkah baiknya kita mengenal beberapa pemicu naiknya tekanan darah. Karena tekanan darah sangat berkaitan dengan pola makan. Memakan makanan yang berkolestrol tinggi secara belebihan tentu akan membuat tekanan darah semakin naik. Olenya itu perlu kita mempelajari cara makan yang benar. Jangan terlalu berlebih disatu pihak sementara berkekurangan makan yang lain.

Tentunya kita pernah mendengar istilah 4 sehat 5 sempurna? Artinya makanan yang kita konsumsi harus makanan yang bermanfaat bagi tubuh. Tidak boleh berlebih. Karena kalau berlebih akan memicu penyakit tertentu. Juga diajarkan dalam islam makan apabila lapar dan berhenti sebelum kenyang. Tentu saja ini indikasi yang mengajarkan tentang pola makan sehat. Jangan lagi makan makanan yang tidak dibutuhkan tubuh. Makanan yang tidak dibutuhkan misalnya cemilan tidak sehat, gula-gula dan berbagai jenis minuman yang banyak kita jumpai.

Dalam hal ini bukan berarti kita tidak boleh sama sekali. Sekali-sekali tidak mengapa tetapi jangan berlebih. Makan dan minumlah sekedar melepas dahaga. Karena semua yang kita makan ada konsekuensinya bagi tubuh.

Berikut ini beberapa makanan pemicu tekanan darah.

Garam

Hampir setiap makanan yang kita makan sehari-hari membutuhkan garam sebagai penyedap madakan. Sehingga tidak lengkap rasanya kalau tidak pakai garam. Sayuran, masakan ikan, masakan daging butuh garam dan hampir semua butuh garam. Banyaknya mengkonsumsi garam ternyata bisa memicu tekanan darah. Garamlah yang pertama sekali yang harus dihindari oleh penderita tekanan darah.

Makan bergaram yang paling banyak digemari adalah ikan kering. Ikan kering biasanya dilumuri dengan garam untuk membuatnya awet. Makanya ketika mau mengkonsumsi ikan kering hendaknya direndam terlebih dahulu. Supaya kadar garam bisa terkurangi. Dan bila memasak ikan kering bumbu tidak perlunlagi diberi garam.

Begitu pula makanan olahan dan makanan kalengan biasanya diberikan garam untuk mengawetkan. Olehnya itu, orang yang darah tinggi disarankan untuk mengurangi makanan olahan dan kalengan. Disarangkan untuk penderita hipertensi untuk menkonsumsi makanan segar yang sehat. Jika ingin konsumsi makanan olahan hendaknya memperhatikan komposisi garam yang terkandung. Sehingga bisa mengontrol asupan garam.

Acar mentimun ternyata mengandung garam atau natrium yang tinggi. Karena pada saat pembuatan bisanya direndam dalam air garam. Semakin lama direndam dalam garam maka akan semakin banyak pula garam yang diserap. Makanan lain yang banyak mengandung garam seperti fast food seperti fizza, ayam goreng, kentang goreng, garamlah yang membuatnya enak.

Kulit Ayam

Kulit ayam mengandung lemak jenuh dan lemak trans tinggi. Mengkonsumsi terlalu banyak jenuh dan lemak trans dapat meningkatkan kadar kolestrol LDL atau kolestrol jahat Anda. Kadar LDL yang tinggi dalam darah dapat meningkatkan tekanan darah. Hipertensi yang semakin memburuk bisa menyebabkan penyakit jantung koroner.

Makanan dan Minuman Yang Mengandung Pemanis Buatan 

Mengkonsumsi gula yang berlebihan terutama yang diperoleh dari pemanis buatan dan makanan olahan. Karena manis lebih bisa membantu mempercepat obesitas atau kelebihan berat badan. Orang yang obesitas akan mudah mengalami tekanan darah tinggi. Dan beberapa makanan lain seperti kopi kafein yang terkandung dalam kopi bisa meningkatkan tekanan darah.

Demikianlah hal-hal yang perlu dihindari ketika menderita penyakit darah tinggi.semoga manfaat. 

Comments

Popular posts from this blog

Manfaat Pohon Tammate atau Pohon Jawa

Pohon tammate (Makassar), Pohon Kalimbajo (Bugis), atau yang umum disebut pohon Jawa nama latin  Lannea Coromandelica. Tammate artinya pohon yang susah mati. Walaupun diletakkan ditanah dalam dalam posisi dibaringkan, ditancapkan terbalik. Pohon tetap mengeluarkan daun. Pada musim kemarau pohon ini biasanya juga mengugurkan daunnya.  Baca Juga : Manfaat dan Kandungan daun tammate untuk kesehatan manusia Pohon ini banyak dimanfaatkan sebagai pohon pelindung atau pagar. Keuntungan saat dibuat pagar hidup karena biar musim kering masih bisa tumbuh. Apatalagi kalau musim hujan. Atau pohon ini juga biasa dipakai sebagai pohon peneduh. Pohon memiliki kulit yang tebal dan tahan terhadap kekeringan. Pohon memiliki banyak manfaat terutama untuk menyembuhkan luka, mengobati sakit mag dan lain-lain. Saya teringat waktu kecil dahulu,  saya biasanya kehutan untuk mencari burung dengan cara memasang jerat. Ketika saya memanjat dipagar teman saya terjatuh dan keteak tersangkut dikayu dan berda

Kandungan Kimia Kayu Jawa atau Kayu Tammate

Secara empiris kulit kayu jawa atau kayu tammate sudah terbukti bisa mengobati berbagai macam penyakit.  Penyakit yang  bisa ditangani dengan menggunakan  kayu jawa tersebut diantaranya luka, muntah, mencret, penyakit mata, sakit mag dan lain-lain sebagainya. Baca juga : Manfaat daun kayu tammate atau daun jawa Hampir setiap daerah yang ada di Indonesia telah mengakui bahwa kayu tammate ini memiliki kemanjuran dalam mengobati luka. Tentu saja hal ini menarik para ilmuan untuk mencari kenapa bisa seperti itu. Dari situlah para ahli menyimpulkan kandungan yang terdapat pada kayu tammate ini. Diantaranya : Saponin, tanin, plavonoid, glikosida dan fenol. Kelima bahan tersebut berperanan dalam menangani berbagai macam penyakit. Saponin  Saponin merupakan senyawa kimia yang terdapat pada sebagian besar tumbuhan. Merupakan glikosida ampifatik yang apabila dikocok akan mengeluarkan busa. Dimana busa yang dihasilkan tidak muda hilang.  Saponin dalam kulit kayu jawa berperanan sebagai anti bakte

Keladi Tikus Bisa Menghambat Sel Kanker

Kita mengenal bahwa keladi tikus merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dari beberapa riset yang pernah dilakukan oleh para ahli disimpulkan bahwa keladi tikus rupanya bisa menghambat sel-sel kanker sehingga proses perkembangannya tidak berjalan cepat.              Sumber gb. www.google.com Selain itu Keladi tikus merupakan anti mikroba, anti oksidan dan juga anti kanker. Menghambat bakteri patogen yang berbahaya bagi kesehatan. Kekuatiran pengobatan dengan menggunakan obat kimia bisa merusak jaringan tubuh yang lain. Walaupun obat kimia efektif untuk membunuh sel kanker. Makanya supaya efek yang dikhuatirkan tidak membahayakan jiwa maka memberikan alternatif pendamping obat kimia sangatlah dibutuhkan. Keladi tikus adalah salah satu alternatif untuk pengobatan kanker. Baca juga: Air pare dapat juga menghambat  dan membunuh sel kanker  Baca juga: Kangker bisa diobati dengan daun kelor Baca juga: Manfaat terong belanda untuk keseha