Dzahir hadits menjelaskan bahwa habbatus sauda menyembuhkan semua penyakit. Sebagaimana hadits
Ų„ŁŁŁŁ ŁŁŲ°ŁŁŁ Ų§ŁŲŁŲØŁŁŲ©Ł Ų§ŁŲ³ŁŁŁŁŲÆŁŲ§Ų”Ł Ų“ŁŁŁŲ§Ų”Ł Ł ŁŁŁ ŁŁŁŁŁ ŲÆŁŲ§Ų”ŁŲ Ų„ŁŁŁŁŲ§ Ł ŁŁŁ Ų§ŁŲ³ŁŁŲ§Ł
āSesungguhnya pada habbatussaudaā terdapat obat untuk segala macam penyakit, kecuali kematianā [1]
Ulama berselisih pendapat mengenai lafadz (ŁŁ/kullu) yang terjemahnya adalah āsemuaā pada hadits ini.
Sebagaimana dalam ilmu ushul fikh, lafadz ākulluā bisa bermakna:
1. Semua tanpa terkecuali
Artinya habbatus sauda menyembuhkan semua penyakit
2. Tidak semua secara mutlak
Artinya ada penyakit yang tidak bisa sembuh dengan habbatus sauda
Ini yang dikenal dengan kaidah:
ļŗļ»ļ»ļŗļ»” ļŗļ»ļŗ¬ļ»± ļŗļŗļ»³ļŗŖ ļŗļ»Ŗ ļŗļ»ļŗØļŗ¼ļ»®ļŗ¹
āLafadz umum tetapi maksudnya adalah khususā
Contoh lafadz kullu (semua) tetapi artinya tidak semua secara mutlak, adalah ayat tentang angin yang bisa menghancurkan āsemuanyaā
ļŗŁļŗŖŁļ»£ŁŁļŗ®Ł ļ»Łļ»ŁŁ ļŗ·Łļ»²ŁļŗŁ ļŗŁļŗŁļ»£Łļŗ®Ł ļŗŁļŗŁŁļ»¬Łļŗ
āAngin yang menghancurkan segala sesuatu dengan perintah Rabb-nya.ā (QS Al-Ahqaf : 25).
Tentu angin tidak bisa menghancurkan (kulla syaiā) semuanya. At-Thabari menafsirkan ayat ini, bahwa yang hancur adalah apa yang bisa hancur dengan angin saja yaitu angin diutus untuk menghancurkannya
Beliau berkata,
ļŗļŗŖļ»£ļŗ® ļ»ļ» ļŗ·ļ»²ļŗ : ļ»£ļ»¤ļŗ ļŗŁļŗļŗ³ļ» ļŗ ļŗļ»¬ļ»¼ļ»ļ»Ŗ
āMaksud dari: menghancurkan segala sesuatu yaitu apa yanh angin diutus untuk menghancurkannyaā.[2]
Mari kita lihat penjelasan ulama mengenai hadits habbatus sauda menyembuhkan segala macam penyakit
1. Yang berpendapat bisa menyembuh secara umum baik sendiri maupun jika dikombinasikan dengan lainnya
Ibnu Batthal berkata,
ļ»«ļŗ¬ļŗ ļŗļ»ļŗ¤ļŗŖļ»³ļŗ ļ»³ļŗŖļ» ļ»ļ»¤ļ»®ļ»£ļ»Ŗ ļ»ļ» ļ»° ļŗļ»»ļ»§ļŗļ»ļŗļ» ļŗļŗļ»ļŗ¤ļŗļŗ ļŗļ»ļŗ“ļ»®ļŗ©ļŗļŗ ļ»ļ»² ļ»ļ» ļŗ©ļŗļŗ ļ»ļ»“ļŗ® ļŗ©ļŗļŗ ļŗļ»ļ»¤ļ»®ļŗ ļ»ļ»¤ļŗ ļ»ļŗļ» ļ»ļ» ļ»“ļ»Ŗ ļŗļ»ļŗ¼ļ»¼ļŗ ļ»ļŗļ»ļŗ“ļ»¼ļ»” ļŗļ»» ļŗļ»§ļ»Ŗ ļŗļ»£ļŗ® ļŗļŗļ»¦ ļŗļŗļ»² ļ»ļŗļ»“ļ» ļŗļŗļ»ļ»ļ»“ļŗ® ļŗļ»ļŗ¤ļŗļŗ ļŗļ»ļŗ“ļ»®ļŗ©ļŗļŗ ļŗļŗļ»ļŗ°ļ»³ļŗ ļ»ļ»² ļŗļ»§ļ» ļŗļ»ļ»¤ļŗ®ļ»³ļŗ¾ā¦ ļ»ļ»³ļ»ļ»®ļ»„ ļ»£ļ»Øļ»¬ļŗ ļ»£ļŗļ»³ļŗ¼ļ» ļŗ¢ ļŗ§ļ» ļ»ļ»¬ļŗ ļŗļŗļ»ļŗ¾ ļŗļ»»ļŗ©ļ»ļ»³ļŗ ļ»ļ»“ļ»ļ»¢ ļŗļ»»ļ»§ļŗļ»ļŗļ» ļŗļ»¬ļŗ ļ»£ļ»Øļ»ļŗ®ļŗ©ļŗ ļ»ļ»£ļŗ ļ»¤ļ»®ļ»ļŗ ļ»£ļ» ļ»ļ»“ļŗ®ļ»«ļŗ
āHadits ini menunjukkan keumuman khasiat/pemanfaatan habbatus sauda pada semua penyakit selain penyakit maut sebagaimana perintah Nabi shallallahu āalaihi wa sallam memerintahkan Ibnu Abi Atiq untuk mencampur/mendistilasi habbatus sauda dengan minyak zaitun pada hidung orang sakitā¦ Bentuk penyembuhannya juga pencampuran dengan obat yang lain, maka khasiatnya umum baik secara tunggal atau dikombinasikan dengan yang lain.ā[3]
Al-Kirmani berkata,
ļ»³ļŗ¤ļŗļ»¤ļ» ļŗļŗļŗļŗ©ļŗ ļŗļ»ļ»ļ»¤ļ»®ļ»” ļ»£ļ»Øļ»Ŗ ļŗļŗļ»„ ļ»³ļ»ļ»®ļ»„ ļŗ·ļ»ļŗļŗ ļ»ļ» ļ»ļ» ļ»ļ»ļ»¦ ļŗļŗøļŗ®ļ» ļŗļŗ®ļ»ļ»“ļŗļ»Ŗ ļ»£ļ» ļŗļ»ļ»ļ»“ļŗ®
āMaknanya adalah umum yaitu menyembuhkan semua penyakit, tetapi dengan syarat dikombinasikan dengan obat lainnya.ā[4]
2. Yang berpendapat tidak menyembuhkan secara mutlak
Ibnu Qayyim Al-Jauziyah dalam kitab thibbun nabawi menjelaskan tentang habbatus sauda,
ŁŁŁŁŁŁ ŁŁŲ«ŁŁŲ±ŁŲ©Ł Ų§ŁŁŁ ŁŁŁŲ§ŁŁŲ¹Ł Ų¬ŁŲÆŁŁŲ§Ų ŁŁŁŁŁŁŁŁŁŁ: Ā«Ų“ŁŁŁŲ§Ų”Ł Ł ŁŁŁ ŁŁŁŁŁ ŲÆŁŲ§Ų”ŁĀ» Ų Ł ŁŲ«ŁŁŁ ŁŁŁŁŁŁŁŁ ŲŖŲ¹Ų§ŁŁ: ŲŖŁŲÆŁŁ ŁŁŲ±Ł ŁŁŁŁŁ Ų“ŁŁŁŲ”Ł ŲØŁŲ£ŁŁ ŁŲ±Ł Ų±ŁŲØŁŁŁŲ§ Ų£Ł: ŁŁŁ Ų“ŁŲ” ŁŁŲØŁ Ų§ŁŲŖŁŁŲÆŁŁ ŁŁŲ±Ł ŁŁŁŁŲøŁŲ§Ų¦ŁŲ±ŁŁ
āHabbatus sauda memiliki sangat banyak manfaat, sabda Rasulullah shallallahu āalaihi wa sallam, āobat untuk segala macam penyakitā. Ini sebagaimana firman Allah, āAngin menghancurkan segala sesuatu dengan perintahan Rabb-nyaā. Yaitu segala sesuatu yang bisa hancur dengan angin dan semisalnya. (Tidak semua hancur dengan angin, demikian juga habbatus sauda).ā [5]
Al-Khattabi berkata,
ļ»ļŗļ» ļŗļ»ļŗØļ»ļŗļŗļ»² ļ»ļ»¤ļŗ ļ»ļ»² ļ»ļ»¤ļŗŖļŗ ļŗļ»ļ»ļŗļŗļ»± ā( 31 / 301 ā) :
ļ»«ļ»® ļ»£ļ»¦ ļŗļ»ļ»ļ»¤ļ»®ļ»” ļŗļ»ļŗ¬ļ»± ļ»³ļŗ®ļŗļŗ© ļŗļ»Ŗ ļŗļ»ļŗØļŗ¼ļ»®ļŗ¹ ā¦ļ»ļŗļ»§ļ»¤ļŗ ļŗļŗļŗļŗ© ļŗ·ļ»ļŗļŗ ļ»ļ» ļŗ©ļŗļŗ ļ»³ļŗ¤ļŗŖļŗ ļ»£ļ»¦ ļŗļ»ļŗ®ļ»ļ»®ļŗļŗ ļ»ļŗļ»ļŗļ» ļ»ļ»¢ ļ»»ļ»§ļ»Ŗ ļŗ£ļŗļŗ ļ»³ļŗļŗļŗ²
āHadits ini adalah lafadz umum tapi maksudnya khusus (tidak meyembuhkan semuanya) ā¦ maksud menyembuhkan semymua penyakit yaitu penyakit basah dan sejenis dahak karena habbatus sauda itu jenis panas dan kering.ā[6]
Ibnu Hajar Al-Asqalaniy berkata,
ā ļ»Łļ»“ļ»Ł ļŗŁļ»„ŁŁ ļ»Łļ»®Łļ»ļ»Ŗ ā ļ»Łļ»Ł ļŗ©Łļŗļŗ ā ļŗŁļ»ŁļŗŖŁļ»³ļŗ®ļ»© : ļ»³Łļ»ŁļŗŁļ» ļŗļ»Łļ»Łļ» Łļŗļŗ ļŗŁļ»¬Łļŗ , ļ»ŁļŗŁļ»§ŁŁļ»¬Łļŗ ļŗŁļ»ØŁļ»Łļ» ļ»£Łļ»¦Ł ļŗļ»ŁļŗŁļ»£Łļŗ®Łļŗļŗ½ ļŗļ»ŁļŗŁļŗļŗŁļŗ©Łļŗ , ļ»ŁļŗŁļ»£ŁŁļŗ ļŗļ»Łļŗ¤ŁļŗļŗŁŁļŗ ļ»Łļ» Łļŗ
āDikatakan makna āmenyembuhkan semua penyakitā maksudnya adalah menerima kesembuhan dengan habbatus sauda. Karena habbatus sauda bermanfaat untuk penyakit jenis dingin adapun penyakit jenis panas maka tidak.ā
PENDAPAT TERPILIH:
Yang lebih mendekati kebenaran -wallahu aālam- habbatus sauda bisa menyembuhkan semua penyakit secara umum
Karena lafadz pada hadits sudah ada pengkhususan/pengecualian (istitsnaā) dengan āillaā (Ų„ŁŲ§) dengan kata ākematianā, jadi lafadz ākulluā (ŁŁ) di situ bermakna umum dan mendapatkan pengecualian dengan āillaā (Ų„ŁŲ§)
Bagaimana dengan mereka yang sudah pakai habbatus sauda tetapi tidak sembuh?
1. Jika sesuai pendapat ulama bahwa habbatus sauda tidak menyembuhkan secara mutlak maka wajar jika ada yang tidak sembuh dengan habbatus sauda
2. Jika mengikuti pendapat bahwa habbatus sauda menyembuhkan semua penyakit, maka perlu diketahui bahwa agar bisa sembuh dengan obat. Maka perlu diperhatikan:
a) Syarat-syaratnya yang terpenuhi
Semisal dosis habbatus sauda harus tepat sesuai diagnosis (berarti diagnosis harus tepat juga), jika tidak tepat maka tidak sembuh
b) Tidak ada pencegah kesembuhan
Misalnya ada komplikasi memperparah penyakit sehingga obat tidak bermanfaat
Atau ada penghalang obat diserap tubuh misalnya gangguan pada lambung
Syaikh Bin Baz menjelaskan hal ini, beliau berkata
ā ļ»ļŗļ»“ļŗ® ļ»£ļ»¦ ļŗļ»ļ»Øļŗļŗ± ļ»» ļŗļ»Øļ»ļ»ļ»Ŗ ļŗļ»·ļŗ³ļŗļŗļŗ ļ»ļ»» ļŗļ»ļŗ®ļ»ļ»“ļŗ ļŗļŗļ»ļ»ļŗ®ļŗļ»„ ļ»ļ»» ļ»ļ»“ļŗ®ļ»© Ų ļ»ļ»ļŗŖļ»” ļŗļ»®ļŗļ»ļŗ® ļŗļ»ļŗøļŗ®ļ»ļ» , ļ»ļ»ļŗŖļ»” ļŗļ»§ļŗļ»ļŗļŗ ļŗļ»ļ»¤ļ»®ļŗļ»§ļ»
āBanyak manusia yang tidak bermanfaat jika melakukan suatu sebab semisal ruqyah dengan Al-Quran dan lain-lainnya karena tidak terpenuhi syarat dan adanya penghalang kesembuhan.ā[7]
Untuk selengkapnya silahkan baca tulisan-tulisan kami āmengapa tidak sembuh dengan thibbun nabawiā[8]
CATATAN PENTING:
Mengenai lafadz ākulluā pada hadist āsemua bidāah sesatā ini bermakna umum atau semua bidāah sesat karena lanjutnya haditsnya adalah āsemua sesat di nerakaā. Maka maknanya, semua sesat pasti di neraka dan tidak ada pengecualian sesat yang tidak di neraka.
Ų„ŁŁŁŁ ŁŁŲ°ŁŁŁ Ų§ŁŲŁŲØŁŁŲ©Ł Ų§ŁŲ³ŁŁŁŁŲÆŁŲ§Ų”Ł Ų“ŁŁŁŲ§Ų”Ł Ł ŁŁŁ ŁŁŁŁŁ ŲÆŁŲ§Ų”ŁŲ Ų„ŁŁŁŁŲ§ Ł ŁŁŁ Ų§ŁŲ³ŁŁŲ§Ł
āSesungguhnya pada habbatussaudaā terdapat obat untuk segala macam penyakit, kecuali kematianā [1]
Ulama berselisih pendapat mengenai lafadz (ŁŁ/kullu) yang terjemahnya adalah āsemuaā pada hadits ini.
Sebagaimana dalam ilmu ushul fikh, lafadz ākulluā bisa bermakna:
1. Semua tanpa terkecuali
Artinya habbatus sauda menyembuhkan semua penyakit
2. Tidak semua secara mutlak
Artinya ada penyakit yang tidak bisa sembuh dengan habbatus sauda
Ini yang dikenal dengan kaidah:
ļŗļ»ļ»ļŗļ»” ļŗļ»ļŗ¬ļ»± ļŗļŗļ»³ļŗŖ ļŗļ»Ŗ ļŗļ»ļŗØļŗ¼ļ»®ļŗ¹
āLafadz umum tetapi maksudnya adalah khususā
Contoh lafadz kullu (semua) tetapi artinya tidak semua secara mutlak, adalah ayat tentang angin yang bisa menghancurkan āsemuanyaā
ļŗŁļŗŖŁļ»£ŁŁļŗ®Ł ļ»Łļ»ŁŁ ļŗ·Łļ»²ŁļŗŁ ļŗŁļŗŁļ»£Łļŗ®Ł ļŗŁļŗŁŁļ»¬Łļŗ
āAngin yang menghancurkan segala sesuatu dengan perintah Rabb-nya.ā (QS Al-Ahqaf : 25).
Tentu angin tidak bisa menghancurkan (kulla syaiā) semuanya. At-Thabari menafsirkan ayat ini, bahwa yang hancur adalah apa yang bisa hancur dengan angin saja yaitu angin diutus untuk menghancurkannya
Beliau berkata,
ļŗļŗŖļ»£ļŗ® ļ»ļ» ļŗ·ļ»²ļŗ : ļ»£ļ»¤ļŗ ļŗŁļŗļŗ³ļ» ļŗ ļŗļ»¬ļ»¼ļ»ļ»Ŗ
āMaksud dari: menghancurkan segala sesuatu yaitu apa yanh angin diutus untuk menghancurkannyaā.[2]
Mari kita lihat penjelasan ulama mengenai hadits habbatus sauda menyembuhkan segala macam penyakit
1. Yang berpendapat bisa menyembuh secara umum baik sendiri maupun jika dikombinasikan dengan lainnya
Ibnu Batthal berkata,
ļ»«ļŗ¬ļŗ ļŗļ»ļŗ¤ļŗŖļ»³ļŗ ļ»³ļŗŖļ» ļ»ļ»¤ļ»®ļ»£ļ»Ŗ ļ»ļ» ļ»° ļŗļ»»ļ»§ļŗļ»ļŗļ» ļŗļŗļ»ļŗ¤ļŗļŗ ļŗļ»ļŗ“ļ»®ļŗ©ļŗļŗ ļ»ļ»² ļ»ļ» ļŗ©ļŗļŗ ļ»ļ»“ļŗ® ļŗ©ļŗļŗ ļŗļ»ļ»¤ļ»®ļŗ ļ»ļ»¤ļŗ ļ»ļŗļ» ļ»ļ» ļ»“ļ»Ŗ ļŗļ»ļŗ¼ļ»¼ļŗ ļ»ļŗļ»ļŗ“ļ»¼ļ»” ļŗļ»» ļŗļ»§ļ»Ŗ ļŗļ»£ļŗ® ļŗļŗļ»¦ ļŗļŗļ»² ļ»ļŗļ»“ļ» ļŗļŗļ»ļ»ļ»“ļŗ® ļŗļ»ļŗ¤ļŗļŗ ļŗļ»ļŗ“ļ»®ļŗ©ļŗļŗ ļŗļŗļ»ļŗ°ļ»³ļŗ ļ»ļ»² ļŗļ»§ļ» ļŗļ»ļ»¤ļŗ®ļ»³ļŗ¾ā¦ ļ»ļ»³ļ»ļ»®ļ»„ ļ»£ļ»Øļ»¬ļŗ ļ»£ļŗļ»³ļŗ¼ļ» ļŗ¢ ļŗ§ļ» ļ»ļ»¬ļŗ ļŗļŗļ»ļŗ¾ ļŗļ»»ļŗ©ļ»ļ»³ļŗ ļ»ļ»“ļ»ļ»¢ ļŗļ»»ļ»§ļŗļ»ļŗļ» ļŗļ»¬ļŗ ļ»£ļ»Øļ»ļŗ®ļŗ©ļŗ ļ»ļ»£ļŗ ļ»¤ļ»®ļ»ļŗ ļ»£ļ» ļ»ļ»“ļŗ®ļ»«ļŗ
āHadits ini menunjukkan keumuman khasiat/pemanfaatan habbatus sauda pada semua penyakit selain penyakit maut sebagaimana perintah Nabi shallallahu āalaihi wa sallam memerintahkan Ibnu Abi Atiq untuk mencampur/mendistilasi habbatus sauda dengan minyak zaitun pada hidung orang sakitā¦ Bentuk penyembuhannya juga pencampuran dengan obat yang lain, maka khasiatnya umum baik secara tunggal atau dikombinasikan dengan yang lain.ā[3]
Al-Kirmani berkata,
ļ»³ļŗ¤ļŗļ»¤ļ» ļŗļŗļŗļŗ©ļŗ ļŗļ»ļ»ļ»¤ļ»®ļ»” ļ»£ļ»Øļ»Ŗ ļŗļŗļ»„ ļ»³ļ»ļ»®ļ»„ ļŗ·ļ»ļŗļŗ ļ»ļ» ļ»ļ» ļ»ļ»ļ»¦ ļŗļŗøļŗ®ļ» ļŗļŗ®ļ»ļ»“ļŗļ»Ŗ ļ»£ļ» ļŗļ»ļ»ļ»“ļŗ®
āMaknanya adalah umum yaitu menyembuhkan semua penyakit, tetapi dengan syarat dikombinasikan dengan obat lainnya.ā[4]
2. Yang berpendapat tidak menyembuhkan secara mutlak
Ibnu Qayyim Al-Jauziyah dalam kitab thibbun nabawi menjelaskan tentang habbatus sauda,
ŁŁŁŁŁŁ ŁŁŲ«ŁŁŲ±ŁŲ©Ł Ų§ŁŁŁ ŁŁŁŲ§ŁŁŲ¹Ł Ų¬ŁŲÆŁŁŲ§Ų ŁŁŁŁŁŁŁŁŁŁ: Ā«Ų“ŁŁŁŲ§Ų”Ł Ł ŁŁŁ ŁŁŁŁŁ ŲÆŁŲ§Ų”ŁĀ» Ų Ł ŁŲ«ŁŁŁ ŁŁŁŁŁŁŁŁ ŲŖŲ¹Ų§ŁŁ: ŲŖŁŲÆŁŁ ŁŁŲ±Ł ŁŁŁŁŁ Ų“ŁŁŁŲ”Ł ŲØŁŲ£ŁŁ ŁŲ±Ł Ų±ŁŲØŁŁŁŲ§ Ų£Ł: ŁŁŁ Ų“ŁŲ” ŁŁŲØŁ Ų§ŁŲŖŁŁŲÆŁŁ ŁŁŲ±Ł ŁŁŁŁŲøŁŲ§Ų¦ŁŲ±ŁŁ
āHabbatus sauda memiliki sangat banyak manfaat, sabda Rasulullah shallallahu āalaihi wa sallam, āobat untuk segala macam penyakitā. Ini sebagaimana firman Allah, āAngin menghancurkan segala sesuatu dengan perintahan Rabb-nyaā. Yaitu segala sesuatu yang bisa hancur dengan angin dan semisalnya. (Tidak semua hancur dengan angin, demikian juga habbatus sauda).ā [5]
Al-Khattabi berkata,
ļ»ļŗļ» ļŗļ»ļŗØļ»ļŗļŗļ»² ļ»ļ»¤ļŗ ļ»ļ»² ļ»ļ»¤ļŗŖļŗ ļŗļ»ļ»ļŗļŗļ»± ā( 31 / 301 ā) :
ļ»«ļ»® ļ»£ļ»¦ ļŗļ»ļ»ļ»¤ļ»®ļ»” ļŗļ»ļŗ¬ļ»± ļ»³ļŗ®ļŗļŗ© ļŗļ»Ŗ ļŗļ»ļŗØļŗ¼ļ»®ļŗ¹ ā¦ļ»ļŗļ»§ļ»¤ļŗ ļŗļŗļŗļŗ© ļŗ·ļ»ļŗļŗ ļ»ļ» ļŗ©ļŗļŗ ļ»³ļŗ¤ļŗŖļŗ ļ»£ļ»¦ ļŗļ»ļŗ®ļ»ļ»®ļŗļŗ ļ»ļŗļ»ļŗļ» ļ»ļ»¢ ļ»»ļ»§ļ»Ŗ ļŗ£ļŗļŗ ļ»³ļŗļŗļŗ²
āHadits ini adalah lafadz umum tapi maksudnya khusus (tidak meyembuhkan semuanya) ā¦ maksud menyembuhkan semymua penyakit yaitu penyakit basah dan sejenis dahak karena habbatus sauda itu jenis panas dan kering.ā[6]
Ibnu Hajar Al-Asqalaniy berkata,
ā ļ»Łļ»“ļ»Ł ļŗŁļ»„ŁŁ ļ»Łļ»®Łļ»ļ»Ŗ ā ļ»Łļ»Ł ļŗ©Łļŗļŗ ā ļŗŁļ»ŁļŗŖŁļ»³ļŗ®ļ»© : ļ»³Łļ»ŁļŗŁļ» ļŗļ»Łļ»Łļ» Łļŗļŗ ļŗŁļ»¬Łļŗ , ļ»ŁļŗŁļ»§ŁŁļ»¬Łļŗ ļŗŁļ»ØŁļ»Łļ» ļ»£Łļ»¦Ł ļŗļ»ŁļŗŁļ»£Łļŗ®Łļŗļŗ½ ļŗļ»ŁļŗŁļŗļŗŁļŗ©Łļŗ , ļ»ŁļŗŁļ»£ŁŁļŗ ļŗļ»Łļŗ¤ŁļŗļŗŁŁļŗ ļ»Łļ» Łļŗ
āDikatakan makna āmenyembuhkan semua penyakitā maksudnya adalah menerima kesembuhan dengan habbatus sauda. Karena habbatus sauda bermanfaat untuk penyakit jenis dingin adapun penyakit jenis panas maka tidak.ā
PENDAPAT TERPILIH:
Yang lebih mendekati kebenaran -wallahu aālam- habbatus sauda bisa menyembuhkan semua penyakit secara umum
Karena lafadz pada hadits sudah ada pengkhususan/pengecualian (istitsnaā) dengan āillaā (Ų„ŁŲ§) dengan kata ākematianā, jadi lafadz ākulluā (ŁŁ) di situ bermakna umum dan mendapatkan pengecualian dengan āillaā (Ų„ŁŲ§)
Bagaimana dengan mereka yang sudah pakai habbatus sauda tetapi tidak sembuh?
1. Jika sesuai pendapat ulama bahwa habbatus sauda tidak menyembuhkan secara mutlak maka wajar jika ada yang tidak sembuh dengan habbatus sauda
2. Jika mengikuti pendapat bahwa habbatus sauda menyembuhkan semua penyakit, maka perlu diketahui bahwa agar bisa sembuh dengan obat. Maka perlu diperhatikan:
a) Syarat-syaratnya yang terpenuhi
Semisal dosis habbatus sauda harus tepat sesuai diagnosis (berarti diagnosis harus tepat juga), jika tidak tepat maka tidak sembuh
b) Tidak ada pencegah kesembuhan
Misalnya ada komplikasi memperparah penyakit sehingga obat tidak bermanfaat
Atau ada penghalang obat diserap tubuh misalnya gangguan pada lambung
Syaikh Bin Baz menjelaskan hal ini, beliau berkata
ā ļ»ļŗļ»“ļŗ® ļ»£ļ»¦ ļŗļ»ļ»Øļŗļŗ± ļ»» ļŗļ»Øļ»ļ»ļ»Ŗ ļŗļ»·ļŗ³ļŗļŗļŗ ļ»ļ»» ļŗļ»ļŗ®ļ»ļ»“ļŗ ļŗļŗļ»ļ»ļŗ®ļŗļ»„ ļ»ļ»» ļ»ļ»“ļŗ®ļ»© Ų ļ»ļ»ļŗŖļ»” ļŗļ»®ļŗļ»ļŗ® ļŗļ»ļŗøļŗ®ļ»ļ» , ļ»ļ»ļŗŖļ»” ļŗļ»§ļŗļ»ļŗļŗ ļŗļ»ļ»¤ļ»®ļŗļ»§ļ»
āBanyak manusia yang tidak bermanfaat jika melakukan suatu sebab semisal ruqyah dengan Al-Quran dan lain-lainnya karena tidak terpenuhi syarat dan adanya penghalang kesembuhan.ā[7]
Untuk selengkapnya silahkan baca tulisan-tulisan kami āmengapa tidak sembuh dengan thibbun nabawiā[8]
CATATAN PENTING:
Mengenai lafadz ākulluā pada hadist āsemua bidāah sesatā ini bermakna umum atau semua bidāah sesat karena lanjutnya haditsnya adalah āsemua sesat di nerakaā. Maka maknanya, semua sesat pasti di neraka dan tidak ada pengecualian sesat yang tidak di neraka.
Baca juga :
- Ketentuan penggunaan habbatussaudah
- Kaidah-kaidah yang harus diperhatikan dalam pengobatan nabi
- Makanan dan munuman pemicu tekanan darah tinggi
- Habbatussaudah mengobati ejakulasi dini pada laki-laki
- Baca Kaidah-kaidah dalam mengobati sebuat penyakit menurut Nabi
- Manfaat habbatussaudah bagi kesehatan
- Madu adalah obat untuk semua penyakit lahir maupun bathin
- Kesaksian habbatussaudah untuk gondok dan cara pengobatannya
- Habbatussaudah berfungsi untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh
- Kesaksian Habbatussaudah untuk penyakit Gula
- Habbatussaudah dan keputihan pada wanita
- Habbatussaudah bisa mengobati kelumpuhan
Penyusun: Raehanul Bahraen
Artikel www.muslimafiyah.com
Catatan kaki:
[1] Muttafaqun āalaihi HR. Bukhari no. 5687, Muslim no. 2215
[2] Lihat Tafsir At-Thabari
[3] Syarah Bukhari libni Batthal 9/397
[4] āUmdatul Qariā 31/301
[5] Tibbun Nabawi hal 287, maktabah Ats-Tsaqafiy, Koiro, Tahqiq Dr. Hamid Muhammad Ath-Thahir
[6] āUmdatul Qariā 31/301
[7] Majmuā Fatawa syaikh Bin Baz 8/70
Dikutip dari sumber :
https://muslimafiyah.com/apakah-habbatus-sauda-menyembuhkan-semua-penyakit.html
Artikel www.muslimafiyah.com
Catatan kaki:
[1] Muttafaqun āalaihi HR. Bukhari no. 5687, Muslim no. 2215
[2] Lihat Tafsir At-Thabari
[3] Syarah Bukhari libni Batthal 9/397
[4] āUmdatul Qariā 31/301
[5] Tibbun Nabawi hal 287, maktabah Ats-Tsaqafiy, Koiro, Tahqiq Dr. Hamid Muhammad Ath-Thahir
[6] āUmdatul Qariā 31/301
[7] Majmuā Fatawa syaikh Bin Baz 8/70
Dikutip dari sumber :
https://muslimafiyah.com/apakah-habbatus-sauda-menyembuhkan-semua-penyakit.html
Melayani pemesanan habbatussaudah minimal 2 botol + ongkir
ReplyDeleteHabbatussaudah untuk mengobati dan mencegah penyakit
ReplyDeletewww.aciindonesia.blogspot.com
ReplyDelete